Es untuk Otot yang Sakit? Pikirkan lagi.

Setelah latihan atau cedera olahraga yang sangat berat, banyak dari kita bergantung pada kompres es untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada otot kita yang bergetar. Tetapi sebuah studi hewan baru yang memperingatkan menemukan bahwa lapisan es mengubah lingkungan molekuler di dalam otot yang terluka dengan cara yang merugikan, memperlambat penyembuhan. Studi ini melibatkan tikus, bukan manusia, tetapi menambah bukti bahwa otot yang membeku setelah olahraga berat tidak hanya tidak efektif; itu bisa menjadi kontraproduktif.

Periksa di dalam freezer atau pendingin di sebagian besar gym, ruang ganti atau dapur atlet dan kalian akan menemukan paket es. Hampir biasa seperti botol air, mereka secara rutin diikatkan ke anggota badan yang sakit setelah latihan yang melelahkan atau kemungkinan cedera. Alasan untuk kedinginan itu jelas. Es mematikan area yang terkena, mengurangi rasa sakit, dan mencegah pembengkakan dan peradangan, yang diyakini banyak atlet membantu otot mereka yang sakit sembuh lebih cepat.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan olahraga telah mulai membuang air dingin untuk mengetahui manfaat dari lapisan es. Dalam sebuah penelitian tahun 2011, misalnya, orang-orang yang mengalami cedera otot betis yang dibekukan merasakan sakit kaki yang sama seperti mereka yang membiarkan kaki mereka sakit, dan mereka tidak dapat kembali bekerja atau aktivitas lain lebih cepat. Demikian pula, tinjauan ilmiah tahun 2012 menyimpulkan bahwa atlet yang mengendurkan otot yang sakit setelah latihan berat – atau, untuk orang yang berpikiran masokis, membenamkan diri dalam pemandian es – mendapatkan kembali kekuatan dan kekuatan otot lebih lambat daripada rekan satu tim mereka yang tidak kedinginan. Dan sebuah studi serius tahun 2015 tentang latihan beban menemukan bahwa pria yang secara teratur menerapkan kompres es setelah latihan mengembangkan kekuatan, ukuran, dan daya tahan otot yang lebih sedikit daripada mereka yang pulih tanpa es.

Tetapi sedikit yang diketahui tentang bagaimana icing benar-benar memengaruhi otot yang sakit dan rusak pada tingkat mikroskopis. Apa yang terjadi jauh di dalam jaringan itu ketika kita membekukannya, dan bagaimana perubahan molekuler di sana mempengaruhi dan mungkin menghambat pemulihan otot?

Jadi, untuk studi baru, yang diterbitkan pada bulan Maret di Journal of Applied Physiology, para peneliti di Universitas Kobe di Jepang dan institusi lain, yang telah lama tertarik pada fisiologi otot, mengumpulkan 40 tikus jantan muda yang sehat. Kemudian, dengan menggunakan rangsangan listrik pada kaki bagian bawah hewan untuk mengontraksikan otot betis mereka berulang kali, mereka mensimulasikan, pada dasarnya, hari kaki yang berkepanjangan, melelahkan, dan akhirnya merobek otot di gym.

Otot hewan pengerat, seperti otot kita, terdiri dari serat yang meregang dan berkontraksi dengan gerakan apa pun. Membebani serat-serat itu selama aktivitas yang tidak biasa atau sangat berat dan kalian merusaknya. Setelah penyembuhan, otot yang terkena dan seratnya akan tumbuh lebih kuat dan lebih mampu menahan kekuatan yang sama saat kalian berolahraga lagi.

Tapi itu adalah proses penyembuhan itu sendiri yang menarik para peneliti sekarang, dan apakah icing akan mengubahnya. Jadi mereka mengumpulkan sampel otot dari beberapa hewan segera setelah simulasi pengerahan tenaga dan kemudian mengikatkan bungkusan es kecil ke kaki sekitar setengah dari tikus, sementara membiarkan sisanya tidak kedinginan. Para ilmuwan terus mengumpulkan sampel otot dari anggota kedua kelompok tikus setiap beberapa jam dan kemudian beberapa hari setelah latihan semu mereka, selama dua minggu ke depan.

Kemudian mereka memeriksa secara mikroskopis semua jaringan, dengan fokus khusus pada apa yang mungkin terjadi dengan sel-sel inflamasi. Seperti yang kita ketahui, peradangan adalah respons pertama tubuh terhadap infeksi atau cedera apa pun, dengan sel-sel kekebalan pro-inflamasi bergegas ke daerah yang terkena, di mana mereka melawan kuman yang menyerang atau membersihkan jaringan dan puing-puing seluler yang rusak. Sel-sel anti-inflamasi kemudian masuk, menenangkan gesekan inflamasi, dan mendorong jaringan baru yang sehat untuk terbentuk. Tetapi peradangan sering disertai dengan rasa sakit dan bengkak, yang tidak disukai banyak orang dan menggunakan es untuk meredamnya.

Melihat otot-otot kaki tikus, para peneliti melihat bukti yang jelas dari kerusakan banyak serat otot. Mereka juga mencatat, dalam jaringan yang belum dibekukan, sel-sel pro-inflamasi yang terkumpul dengan cepat. Dalam beberapa jam, sel-sel ini mulai sibuk membuang puing-puing seluler, sampai, pada hari ketiga setelah kontraksi, sebagian besar serat yang rusak telah dibersihkan. Pada saat itu, sel-sel anti-inflamasi muncul, bersama dengan sel-sel otot khusus yang membangun kembali jaringan, dan pada akhir dua minggu, otot-otot ini tampak sembuh total.

Tidak demikian halnya dengan otot es, di mana pemulihan tampak sangat tertunda. Butuh tujuh hari di jaringan ini untuk mencapai tingkat sel pro-inflamasi yang sama seperti pada hari ketiga di otot yang tidak didinginkan, dengan pembersihan puing-puing dan kedatangan sel anti-inflamasi sama-sama melambat. Bahkan setelah dua minggu, otot-otot ini menunjukkan tanda-tanda molekuler kerusakan jaringan dan penyembuhan yang tidak sempurna.

Hasil dari data ini adalah bahwa “dalam situasi eksperimental kami, icing menghambat respons peradangan yang sehat,” kata Takamitsu Arakawa, seorang profesor kedokteran di Sekolah Pascasarjana Ilmu Kesehatan Universitas Kobe, yang mengawasi studi baru.

Tapi, seperti yang ditunjukkan Dr. Arakawa, model eksperimental mereka mensimulasikan kerusakan otot yang serius, seperti ketegangan atau robekan, dan bukan rasa sakit atau kelelahan yang sederhana. Studi ini juga, jelas, melibatkan tikus, yang bukan manusia, bahkan jika otot kita memiliki susunan yang sama. Dalam penelitian selanjutnya, Dr. Arakawa dan rekan-rekannya berencana untuk mempelajari kerusakan otot yang lebih ringan pada hewan dan manusia.

Tetapi untuk saat ini, temuan studinya menunjukkan, katanya, bahwa otot yang rusak dan sakit tahu cara menyembuhkan diri sendiri dan respons terbaik kita adalah bersantai dan membiarkan kompres es di tempat yang lebih dingin.