Fox News, Dulu Rumah bagi Trump, Sekarang Sering Mengabaikannya

Sudah lebih dari 100 hari sejak Donald J. Trump diwawancarai di Fox News.

Jaringan, yang dimiliki oleh Rupert Murdoch dan mendorong kenaikan Trump dari developers real estate dan bintang televisi realitas ke Gedung Putih, sekarang sering melewati dia demi menampilkan Partai Republik lainnya.

Dalam pandangan mantan presiden, menurut dua orang yang telah berbicara dengannya baru-baru ini, mengabaikan Fox adalah penghinaan yang jauh lebih buruk daripada berlari. stories dan komentar yang dia keluhkan “terlalu negatif.” Jaringan secara efektif menggusur dia dari tempat favoritnya: pusat siklus berita.

Pada 22 Juli, saat Trump menggalang pendukung di Arizona dan menggoda kemungkinan mencalonkan diri sebagai presiden pada 2024, pepatah “Kami mungkin harus melakukannya lagi,” Fox News memilih untuk tidak menampilkan acara tersebut – pendekatan yang sama telah diambil untuk hampir semua aksi unjuk rasa tahun ini. Alih-alih, jaringan tersebut menayangkan wawancara Laura Ingraham dengan calon pesaing untuk nominasi Partai Republik 2024, Gubernur Ron DeSantis dari Florida. Itu adalah yang pertama dari dua wawancara prime-time yang ditayangkan Fox dengan Mr. DeSantis dalam rentang waktu lima hari; dia muncul di acara Tucker Carlson tak lama setelah berbicara dengan Ms. Ingraham.

Ketika Trump berbicara pada pertemuan kaum konservatif di Washington minggu ini, Fox tidak menayangkan pidato tersebut secara langsung. Itu malah menunjukkan beberapa klip setelah dia selesai berbicara. Pada hari yang sama, siaran langsung — selama 17 menit — pidato mantan Wakil Presiden Mike Pence.

Trump baru-baru ini mengeluh kepada para pembantunya bahwa bahkan Sean Hannity, temannya selama 20 tahun, tampaknya tidak terlalu memperhatikannya lagi, satu orang yang berbicara dengannya mengingat.

Penghinaan itu bukan kebetulan, menurut beberapa orang yang dekat dengan Fox Corporation Mr Murdoch yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas operasi perusahaan. Bulan ini, The New York Post dan The Wall Street Journal, keduanya dimiliki oleh Murdoch, menerbitkan tajuk rencana tentang tindakan Trump terkait kerusuhan 6 Januari 2021 di Capitol.

Skeptisisme terhadap mantan presiden meluas ke tingkat tertinggi perusahaan, menurut dua orang yang mengetahui pemikiran Mr. Murdoch, sang ketua, dan putranya Lachlan, sang kepala eksekutif. Ini juga mencerminkan kekhawatiran bahwa Partai Republik di Washington, seperti Senator Mitch McConnell dari Kentucky, pemimpin minoritas, telah menyatakan kepada keluarga Murdoch tentang potensi kerugian yang dapat ditimbulkan oleh Trump terhadap peluang partai dalam pemilihan mendatang, terutama peluangnya untuk mengambil kendali atas Senat.

Ketidaknyamanan keluarga Murdoch dengan Tuan Trump berasal dari penolakannya untuk menerima kekalahan pemilihannya, menurut dua orang yang akrab dengan percakapan itu, dan umumnya selaras dengan pandangan Partai Republik, seperti Tuan McConnell, yang sebagian besar mendukung mantan presiden tetapi lama mengatakan pemilihan itu diselesaikan dan mengutuk upayanya untuk membatalkannya.

Satu orang yang akrab dengan pemikiran Murdoch mengatakan mereka tetap bersikeras bahwa Fox News telah membuat keputusan yang tepat ketika meja keputusannya memproyeksikan bahwa Joseph R. Biden akan memenangkan Arizona tepat setelah jam 11 malam pada malam pemilihan — sebuah langkah yang membuat marah Mr. Trump dan mempersingkat usahanya untuk menyatakan kemenangan sebelum waktunya. Orang ini mengatakan Lachlan Murdoch secara pribadi menggambarkan panggilan meja keputusan, yang datang beberapa hari sebelum jaringan lain menyimpulkan bahwa Trump telah kehilangan negara, sebagai sesuatu yang hanya Fox “memiliki keberanian dan ilmu untuk melakukannya.”

Beberapa orang mengakui bahwa pendekatan Fox saat ini terhadap Trump bisa bersifat sementara. Jika Trump mengumumkan dia mencalonkan diri sebagai presiden, atau jika dia didakwa, dia akan menjamin lebih banyak liputan, kata mereka.

Seorang juru bicara Mr McConnell menolak berkomentar. Seorang juru bicara Fox Corporation juga menolak berkomentar, begitu pula juru bicara Trump.

Hubungan antara Mr. Trump dan kerajaan media Murdoch telah lama menjadi rumit — pengaturan kenyamanan dan ketidakpercayaan bersama yang telah mengalami pasang surut yang sensasional sejak Mr. Trump pertama kali berbicara sendiri di halaman gosip The New York Post pada 1980-an.

Tetapi pertengkaran antara mantan presiden dan raja media yang telah membantu mengatur agenda Partai Republik selama beberapa dekade terjadi di lanskap media yang jauh lebih besar dan lebih terfragmentasi, karena kepribadian dan platform baru membuat lebih sulit bagi satu outlet untuk mengubah narasi. . Sekutu Mr Trump di sudut-sudut media konservatif yang lebih setia kepadanya – termasuk Breitbart, Newsmax dan radio bicara – sudah memanfaatkan giliran di dalam Fox sebagai bukti pengkhianatan.

Mr Trump tampaknya bersedia untuk melawan. Dia mengecam “Fox & Friends” minggu ini di layanan media sosialnya, Truth Social, karena “mengerikan” dan “pergi ke ‘sisi gelap'” setelah salah satu pembawa acaranya menyebutkan bahwa Tuan DeSantis telah mengalahkan Tuan Trump dalam dua jajak pendapat baru-baru ini dari kontes primer Partai Republik hipotetis 2024. Kemudian, tanpa memberikan bukti, dia menyalahkan Paul Ryan, mantan ketua DPR dari Partai Republik, yang sering bentrok dengannya. Mr Ryan duduk di dewan direksi Fox Corporation.

The Post sering berada di pihak Trump dalam editorialnya ketika dia menjadi presiden. Tapi itu kadang-kadang bertentangan dengannya, seperti ketika Mr. Trump menolak untuk mengakui pemilihan pada tahun 2020 dan judul halaman depan surat kabar itu berbunyi: “Mr. Presiden, BERHENTI KEGILAAN.”

Mr Trump menemukan rumah di Fox News ketika pendiri jaringan, Roger Ailes, memberinya slot mingguan di “Fox & Friends” pada tahun 2011. Mr Trump menggunakan platform untuk terhubung dengan gerakan Tea Party yang sedang berkembang saat ia mengalahkan Partai Republik. seperti Mr Ryan dan menyebarkan kebohongan tentang keaslian akta kelahiran Presiden Barack Obama.

Awalnya, baik Tuan Ailes maupun Tuan Murdoch tidak menganggap Tuan Trump sebagai calon presiden yang serius. Mr Ailes mengatakan kepada rekan-rekan pada saat itu bahwa dia pikir Mr Trump menggunakan kampanye 2016 untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik dengan NBC, yang menyiarkan “The Apprentice,” menurut “Pemberontakan,” ini laporan reporter tentang kenaikan Mr Trump di GOP Dan, ketika Ivanka Trump memberi tahu Mr. Murdoch saat makan siang pada tahun 2015 bahwa ayahnya bermaksud untuk lari, Mr. Murdoch dilaporkan bahkan tidak mengangkat supnya, menurut “The Devil’s Bargain,” oleh Joshua Green.

Tetapi ketika Mr. Trump menjadi lebih besar daripada outlet berita mana pun – dan bahkan lebih besar dari partai politiknya sendiri – dia mampu membalikkan keadaan dan mengumpulkan pendukungnya melawan Fox atau outlet lain yang dia rasa terlalu kritis terhadapnya. Dia secara teratur menggunakan Twitter untuk menyerang kepribadian Fox seperti Megyn Kelly, Charles Krauthammer dan Karl Rove.

Jaringan itu selalu bisa mengkritiknya dalam liputan beritanya. Tapi sekarang skeptisisme muncul lebih keras – selain dari pembawa berita, dalam wawancara dengan pemilih atau dalam artikel opini untuk properti milik Murdoch lainnya.

Mengacu pada penyelidikan kongres atas serangan 6 Januari, pembawa acara Fox Bret Baier mengatakan itu telah membuat Trump “terlihat mengerikan” dengan merinci bagaimana butuh 187 menit baginya untuk dibujuk untuk mengatakan sesuatu secara terbuka tentang kerusuhan tersebut. Satu segmen baru-baru ini di FoxNews.com menampilkan wawancara dengan pendukung Trump yang sangat tidak antusias tentang kemungkinan kampanye ketiga, mengatakan bahwa mereka berpikir “waktunya telah berlalu” dan bahwa dia “sedikit terlalu terpolarisasi.” Kemudian mereka menawarkan pemikiran mereka tentang siapa yang harus menggantikannya di tiket. Dengan suara bulat, mereka menamai Pak DeSantis.

“aku menghabiskan 11 tahun di Fox, dan aku tahu tidak ada yang direkam sebelumnya mengenai layar Fox yang belum ditandatangani dan disetujui di tingkat manajemen paling atas,” kata Eric Bolling, mantan pembawa acara Fox yang sekarang bersama Newsmax. “Apalagi jika ada hubungannya dengan pemilihan presiden.”

Tidak dapat disangkal bahwa Fox News tetaplah Fox News. Pemirsa dalam beberapa pekan terakhir kadang-kadang melihat liputan kritis tentang Trump, tetapi, tidak seperti jaringan berita lainnya, Fox memilih untuk menayangkan program prime-time-nya sendiri daripada dengar pendapat komite yang menyelidiki serangan 6 Januari. (Penulis artikel ini adalah kontributor MSNBC.) Mr. Carlson, Mr. Hannity, dan Ms. Ingraham mengabaikan audiensi tersebut sebagai “percobaan pertunjukan.”

“Mereka berbohong, dan kami tidak akan membantu mereka melakukannya,” kata Mr. Carlson. “Apa yang akan kami lakukan adalah mencoba mengatakan yang sebenarnya.”

Segmen selama siaran berita siang dan sore hari menampilkan kejahatan kekerasan di kota-kota yang dikelola Demokrat atau gangguan verbal dan fisik Biden. Ketika pemerintah mengumumkan bahwa indikator utama kesehatan ekonomi menurun pada kuartal terakhir, tajuk utama Fox tertulis di layar berbunyi, “Biden Menyangkal Resesi saat AS Memasuki Resesi.”

Pada 13 April, Trump menelepon ke acara Hannity dan membahas daftar krisis yang dia klaim tidak akan terjadi “seandainya kita memenangkan pemilihan ini, yang kita lakukan.”

Dia belum pernah diwawancarai di jaringan sejak itu.