Mengapa Melamun Sebenarnya Baik Untuk Otak kalian

Setiap kali aku memiliki waktu luang beberapa saat — setiap hari kerja, misalnya, ketika aku menunggu di antrean penjemputan kolam mobil untuk anak-anak aku di kamp — aku mengambil ponsel aku dan memeriksa untuk melihat apakah sesuatu yang menarik telah terjadi di Instagram. Masalahnya, aku tidak terlalu suka Instagram. Media sosial biasanya membuat aku merasa tidak aman, tetapi entah bagaimana itu lebih baik daripada duduk sendirian dengan pikiran aku.

aku tentu bukan satu-satunya orang yang lebih suka melakukan sesuatu daripada melakukan introspeksi. Dalam penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014, orang dewasa diberi pilihan untuk menghibur diri mereka sendiri dengan pikiran mereka sendiri selama 15 menit atau menyetrum diri mereka sendiri dengan sengatan listrik yang menyakitkan. Enam puluh tujuh persen pria dan 25 persen wanita memilih kejutan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan minggu lalu menunjukkan bahwa kecenderungan kita untuk menghindari sendirian dengan pikiran kita sebagian karena “kita cenderung meremehkan nilai berpikir,” kata salah satu penulis studi, Kou Murayama, seorang psikolog di University of Tübingen di Jerman. . Dr. Murayama dan rekan-rekannya meminta orang dewasa untuk memperkirakan terlebih dahulu seberapa besar keinginan mereka untuk duduk di ruangan yang tenang sendirian, dan kemudian meminta mereka melakukannya selama 20 menit. Yang mengejutkan mereka, para peserta menikmati pengalaman lebih dari yang mereka harapkan.

Agar adil, menghabiskan waktu berpikir bisa menjadi tidak menyenangkan – misalnya jika kalian khawatir tentang semua hal yang perlu kalian lakukan sebelum akhir hari, atau merenungkan kesalahan masa lalu, kata Erin Westgate, seorang psikolog yang mempelajari lamunan dan kebosanan di University of Florida. Dan jika kita membiarkan pikiran kita mengembara ketika kita seharusnya berkonsentrasi — saat melakukan tugas pekerjaan penting, katakanlah, atau mengemudi — kita bisa mendapatkan masalah, dan bahkan membahayakan nyawa. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa membiarkan pikiran kita mengembara dan terlibat dalam jenis lamunan tertentu dapat memberi kita kegembiraan, ketenangan, dan bahkan membuat kita lebih kreatif.

Inilah cara untuk mulai memanfaatkan momen kesendirian dan lamunan yang langka itu.

Melamun — ketika perhatian kita beralih ke pikiran yang tidak terkait dengan lingkungan dan pengalaman kita — mungkin tampak seperti pelarian yang mudah dari sini dan sekarang, tetapi itu bisa menjadi tugas mental yang rumit. “Pada dasarnya kalian menjadi aktor, sutradara, penulis skenario, dan penonton dari keseluruhan pertunjukan mental ini,” kata Dr. Westgate. Kadang-kadang kita mulai melamun tanpa menyadarinya, tetapi jika kalian melakukannya dengan sengaja, sebaiknya jangan melamun saat kalian sedang terganggu atau lelah — karena itu mungkin akan membuatnya kurang menyenangkan (dan kurang aman), katanya.

Waktu yang ideal untuk tertidur adalah ketika kalian melakukan sesuatu yang tidak menuntut banyak perhatian mental: menunggu bus, berkebun, bersih-bersih, mandi, berjalan-jalan atau bahkan menyikat gigi. kalian ingin memiliki “sumber daya kognitif yang tersedia untuk menarik diri ke dalam dan fokus pada pikiran kalian sendiri,” kata Dr. Westgate. Tapi ini tidak berarti kalian harus duduk di sofa dan memutuskan untuk tidak melakukan apa-apa selain melamun; dapat lebih mudah untuk melamun ketika kalian melakukan tugas kasar daripada ketika kalian tidak melakukan apa-apa, kata Jonathan Schooler, seorang psikolog di University of California, Santa Barbara yang mempelajari kognisi manusia.

Ketika orang tidak menikmati menghabiskan waktu sendirian dengan pikiran mereka, seringkali karena mereka berfokus pada hal yang salah, kata Dr. Westgate. Misalnya, dia tidak menyarankan menggunakan waktu luang kalian untuk mencoba merencanakan hari kalian — dia telah mempelajari apa yang terjadi ketika orang melakukan ini, dan itu cenderung menyebabkan stres dan membuat mereka kesal.

Penelitian Dr. Westgate telah menemukan bahwa “berpikir untuk kesenangan” bekerja dengan baik ketika orang diberi petunjuk sebelumnya, seperti berfokus pada memori favorit, berfantasi tentang suatu peristiwa yang mereka nantikan, atau membayangkan pencapaian di masa depan. Dia juga menyarankan untuk memasukkan orang-orang yang kalian sayangi dalam lamunan kalian; pikirkan tentang pergi berlibur dengan teman baik atau keluarga.

Jika kalian ingin pemikiran kalian memicu kreativitas, kalian mungkin ingin mengambil cara yang sedikit berbeda dan alih-alih fokus pada ide-ide yang kalian rasa ingin tahu dan menarik, kata Dr. Schooler. Dia menyebut praktik ini “pikiran bertanya-tanya.” Pikirkan tentang ide-ide yang disajikan dalam buku atau artikel yang telah kalian baca atau podcast yang kalian dengarkan, katanya.

Dr. Schooler dan rekan-rekannya menemukan bahwa orang menemukan solusi yang lebih kreatif untuk masalah setelah berhenti sejenak dari mencoba menyelesaikannya, dan melakukan tugas ringan sambil melamun. Ketika mereka melakukan hal-hal lain selama istirahat itu — baik duduk dengan tenang‌ atau fokus pada tugas sulit yang berbeda‌ — atau ketika mereka tidak istirahat sama sekali, problem-menyelesaikan lebih sulit.

“’Mind bertanya-tanya’ mungkin merupakan kesempatan untuk memunculkan novel, pendekatan berbeda yang belum pernah kalian pikirkan sebelumnya,” katanya.

Namun, beberapa masalah tidak akan diselesaikan melalui melamun – dan kalian mungkin menemukan bahwa melamun terus membawa kalian kembali ke masalah itu dan membuat kalian stres, kata Jonathan Smallwood, seorang psikolog di Queen’s University di Ontario. Misalnya, merenungkan hal-hal yang telah dilakukan rekan kerja kalian yang menyebalkan mungkin tidak akan menyelesaikan apa pun karena situasinya di luar kendali kalian, katanya. Dalam kasus ini, melamun dapat “menjadi sesuatu yang sedikit lebih seperti kutukan, karena kalian tidak dapat melarikan diri dari problem bahwa otak kalian terus-menerus berusaha untuk bekerja, ”katanya.

Dalam situasi ini, melatih perhatian – keadaan mental di mana kalian fokus pada saat ini – dapat “membantu mengendalikan obrolan yang tak henti-hentinya,” kata Dr. Schooler. Segera setelah kalian menyadari bahwa pikiran kalian menjadi stres atau tertekan, berhentilah sejenak dan cobalah untuk mengarahkan kembali fokus kalian ke saat ini. Pikirkan tentang napas kalian dan sensasi yang kalian rasakan. Kemudian, bujuk lamunan kalian ke arah yang lebih positif, katanya — pikirkan tentang kenangan bahagia, katakanlah, atau acara TV yang menurut kalian provokatif.

Sore ini, ketika aku sampai di jalur penjemputan kamp, ​​aku secara refleks meraih telepon aku — tetapi kemudian aku ingat bahwa aku tidak ingin menggulir. “Kuncinya adalah belajar bahwa kalian dapat mengontrol perhatian kalian,” kata Dr. Schooler kepada aku. “Banyak orang tidak menghargai itu.” Dengan kata lain, aku bisa mulai memprioritaskan pikiran aku sendiri. Jadi, aku meletakkan telepon aku, dan mulai melamun. aku teringat tentang bernyanyi dalam grup acapella ketika aku masih kuliah — waktu sebelum smartphone dan media sosial ada.


Penyakit Alzheimer menimpa sekitar 6,5 juta orang dewasa Amerika yang lebih tua, dan jumlahnya diperkirakan akan berlipat ganda pada tahun 2050. Mengingat bahwa itu adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti dan dapat diturunkan, kerabat penderita Alzheimer sering kali takut mereka akan terkena juga. . Tetapi kebanyakan orang dengan riwayat keluarga Alzheimer tidak akan mengembangkan penyakit ini.