Menjalankan Pasca-Covid: Cara Kembali ke Pelatihan

Pada Maret 2020, Dr. Niall Elliott merencanakan Olimpiade musim panas bersama rekan-rekannya di British Olympic Association. Rencana dibuat untuk apa yang harus dilakukan jika seorang atlet mengalami cedera parah atau krisis kesehatan mental menjelang akhir Olimpiade. Ada pertemuan tentang bagaimana memindahkan beberapa atlet terbaik dunia ke seluruh dunia dan bagaimana mengatasi masalah logistik.

Mereka memiliki rencana untuk hampir semua hal, kecuali pandemi global, katanya.

Semalam, Dr. Elliott mulai memberikan dukungan dan perawatan bagi para atlet yang dilarang masuk fasilitas pelatihan dan takut bagaimana virus baru ini dapat memengaruhi karier atletik mereka. Pertanyaan-pertanyaan itu tidak ada habisnya dan jawabannya langka.

“Kami sangat berhati-hati pada awalnya karena itu adalah virus baru,” kata Dr. Elliott. “Kami hanya tidak tahu apa dampaknya pada tubuh.”

Pertanyaan mendesak untuk para atlet: Berapa lama Covid-19 akan melumpuhkan kalian dan kapan kalian bisa kembali berlatih?

Olympians dan pejuang akhir pekan telah menanyakan pertanyaan itu sejak saat itu. Dan jawabannya terus berubah ketika dokter mempelajari lebih lanjut tentang virus corona dan variannya yang merusak jadwal pelatihan.

Kuncinya adalah mengatur ulang ekspektasi dan memikirkan kembali timeline untuk kembali bermain secara penuh atau kembali berlari.

“Dibandingkan dengan kebanyakan penyakit virus, harapan yang harus dimiliki para atlet adalah bahwa dibutuhkan rata-rata dua kali lebih lama untuk kembali ke tempat kalian sebelumnya,” Dr. Tod Olin, direktur Pusat Latihan dan Pernapasan Kinerja di National Jewish Health di Denver, kata. “Jadi, jika seseorang biasanya kembali beraktivitas dalam waktu seminggu setelah terserang flu musiman, mungkin perlu waktu dua minggu untuk kembali setelah terjangkit Covid-19. Tapi itu juga memakan waktu sekitar tiga hingga empat minggu untuk banyak orang, dan sebagian kecil orang membutuhkan waktu lebih lama.”

Itu adalah pil yang sulit untuk ditelan bagi atlet yang ingin kembali ke diri mereka sebelumnya segera setelah gejala mereda. Dan tidak mudah untuk memberitahu pelari untuk memperlambat ketika banyak tujuan mereka adalah untuk mempercepat.

Pada bulan Juni 2020, Dr. Elliott menerbitkan protokol yang telah berkembang dan diadopsi oleh dokter lain karena semakin banyak data yang tersedia tentang virus dan bagaimana hal itu mempengaruhi atlet. Protokol awal menunjuk pada enam tahap untuk kembali bermain secara bertahap, dimulai dengan periode istirahat minimum 10 hari dan terus ditingkatkan hingga frekuensi, durasi, dan intensitas sesi latihan yang meningkat.

Dalam dua tahun sejak itu, dokter telah membedakan cara mengarahkan atlet berdasarkan gejala di atas leher dan gejala di bawah leher. Pasien yang memiliki gejala di atas leher cenderung pulih lebih cepat dan dapat kembali berolahraga lebih cepat daripada mereka yang memiliki gejala di bawah leher yang mungkin menderita kelelahan, nyeri, nyeri, dan masalah paru-paru atau jantung.

Perbedaan itu — bersama dengan pasien yang dites positif tetapi tetap tanpa gejala — membantu Dr. Elliott menyesuaikannya panduan untuk protokol lima tahap, yang lebih baik melayani atlet yang ingin kembali berlatih. Pasien sekarang dapat melewati tahap protokol yang berbeda tergantung pada gejala dan tingkat keparahannya.

Dan pada tahun data pasca-vaksinasi, dokter telah menemukan bahwa mendorong kecepatan atau intensitas dalam sesi pelatihan dapat secara dramatis menjadi bumerang.

“Mereka terbiasa memecahkan semua masalah dengan berusaha lebih keras,” kata Dr. Olin, yang telah bekerja secara ekstensif dengan para atlet Olimpiade. “Dan Covid-19 tampaknya unik jika kalian mendorong terlalu keras – jika kalian berlatih melalui ini – ada fenomena kemunduran ini, yang analog dengan cedera hamstring, di mana jika kalian menjadi sedikit lebih baik dan kemudian kalian mencoba untuk jatuh. palu untuk latihan dan kalian tiga bulan yang lalu.

Aku harus tahu, itu terjadi padaku. aku dinyatakan positif Covid-19 pada awal Mei dan mulai kembali ke rutinitas lari aku, meskipun dengan kecepatan yang lebih lambat, tanpa latihan yang benar, tak lama kemudian. Yang sangat mengejutkan aku, aku dites positif Covid-19 lagi empat setengah minggu kemudian. (Ya, sungguh, itu sangat mungkin.) Jika aku gelisah untuk kembali berlari untuk pertama kalinya, aku akan terpental dari dinding untuk kedua kalinya. Minggu ini, aku pikir aku sudah cukup pulih untuk melakukan latihan kecepatan pendek. Tetapi ketika aku mencapai interval pertama itu, sepertinya tubuh aku menertawakan aku: “Tidak.”

aku belajar bahwa mencapai garis start suatu perlombaan, atau ke lapangan permainan, seharusnya tidak menjadi perlombaan sama sekali.

Tetapi para atlet, dan bisa dibilang pelari khususnya, memiliki ciri khusus ketidaksabaran ketika harus mengikat tali sepatu mereka lagi. Saat kami meminta pembaca Running Newsletter untuk membagikan stories kembali berlari setelah Covid-19, ratusan orang berbagi rasa frustrasi dan kemenangan kecil mereka yang berkelanjutan. Banyak yang berbagi rasa syukur karena kembali ke perlombaan, dan tak terhitung banyaknya yang mengungkapkan kekecewaan karena pemulihan mereka masih berlangsung.

Aquene Kimmel, seorang pelari berusia 26 tahun, mengatakan bahwa lari pertamanya setelah dites positif Covid-19 Desember lalu adalah “joging lambat yang terasa lebih berat daripada yang telah dilakukan selama bertahun-tahun.” Hills masih lebih sulit baginya daripada yang dia ingat, dan langkahnya tidak cukup kembali ke tempat semula, katanya.

Dave Madigan, 52, menderita Covid pada bulan Maret, dan meskipun kembali berlari perlahan, dia mengatakan bahwa dia menemukan upaya lebih keras dari yang seharusnya. “VO2 max aku tidak jauh berbeda dengan apa yang aku harapkan, tetapi aku merasa sangat lelah,” tulis Madigan, mengacu pada penyerapan oksigen, cara mengukur kebugaran aerobik. “aku mencoba beberapa interval pendek, tetapi itu jauh lebih sulit dari biasanya.”

Jenna Ciongoli, 38, butuh beberapa bulan untuk tidak merasa terlalu lelah. “Bahkan sekarang, tujuh bulan kemudian, ketika aku kembali berlari sebanyak sebelumnya, aku masih tidak merasa secepat aku,” tulisnya.

Sebagai ahli paru di kota Denver yang selalu aktif, Dr. Vamsi Guntur dari National Jewish Health terbiasa dengan tanggapan ini dan telah mulai berbicara dengan para atlet tentang menyesuaikan kembali harapan mereka.

“Yang kita anggap recovery itu berbeda dengan recovery yang dianggap atlet,” kata Dr. Guntur.

“Seorang atlet Olimpiade sejak awal, pra-vaksin, berkata, ‘aku hanya terbiasa mendorong diri aku sendiri. aku ingin mendorong diri aku sendiri,’” kenangnya. “aku berkata, ‘aku tahu kalian bisa, tetapi aku tidak ingin kalian melakukannya.’”

Ini adalah sentimen yang dibagikan oleh para dokter dan ahli secara lebih luas pasca-vaksin, peringatan kemunduran jika atlet kembali ke pelatihan intensitas tinggi atau balapan sebelum tubuh mereka siap.

“kalian akan selalu memiliki kompetisi lain, balapan lain, sesi latihan lain,” Dr. Elliott bergema.

“Tapi kalian hanya memiliki satu tubuh,” tambahnya. “Kau harus menjaganya.”